Lampu Internet Indihome Mati, Berikut Cara Mengatasinya

Sebagai pengguna Indihome tentu akan sangat kebingungan jika lampu internet Indihome mati secara tiba-tiba, karena menandakan koneksi internet
Sebagai pengguna Indihome tentu akan sangat kebingungan jika lampu internet Indihome mati secara tiba-tiba, karena menandakan koneksi internet terputus.

lamu internet indihome mati

Meskipun Indihome menjadi salah satu penyedia layanan televisi kabel dan internet terbesar di Indonesia, namun pengguna kerapkali menjumpai permasalahan.

Beberapa permasalahan atau error yang seringkali terjadi adalah lampu internet mati, koneksi internet terputus, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang mungkin saat ini mengalami permasalahan lampu internet Indihome mati dengan tiba-tiba, maka silahkan simak penyebab dan cara mengatasinya pada berikut ini.

Kenapa Lampu Internet Indihome Mati?

Sebelumnya kita perlu tahu hal apa saja yang dapat menyebabkan permasalahan ini terjadi untuk bisa mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab lampu internet Indihome mati:

Sedang Maintance

Hampir semua penyedia layanan yang berhubungan dengan internet akan melakukan proses maintance secara rutin untuk meningkatkan kualitas yang diberikan.

Biasanya proses maintance tidak akan membutuhkan waktu yang lama, namun apabila terjadi proses maintance besar-besaran tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama.

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa Indihome sedang melakukan proses maintance. Cara pertama adalah dengan bertanya kepada sesama pengguna Indihome mengenai koneksi internet yang mati yang lokasinya tidak jauh dari tempat anda berada.

Sementara itu, cara kedua yang bisa dicoba adalah menghubungi langsung Customer Service (CS) Indihome untuk mengungkapkan permasalahan yang tengah dialami. Kemudian nantinya pihak Indihome akan memberikan balasan mengenai solusi untuk mengatasinya.

Modem Mengalami Kerusakan

Kemudian jangan lupa untuk memastikan bahwa modem Indihome yang digunakan masih berfungsi dengan baik. Karena jika mengalami kerusakan seperti habis jatuh ataupun lainnya tentu akan mengakibatkan permasalahan seperti ini terjadi.

Kabel Jaringan Bermasalah

Jika modem masih normal, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada kabel jaringan yang mengakibatkan lampu Internet Indihome mati total.

Kerusakan kabel juga bisa terjadi karena berbagai macam mulai dari kabel yang terputus menjadi dua, kena layangan, atau bahkan terjadi masalah pada konektor ujung kabel.

Apabila permasalahan ini terjadi karena kabel yang bermasalah, maka bisa mengatasinya dengan cara mengundang tekhnisi Indihome untuk melakukan perbaikan.

Cara Mengatasi Lampu Internet Indihome Mati

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kita bisa mengatasi permasalahan ini dengan lebih mudah. Berikut ini adalah panduan untuk memperbaiki lampu Internet Indihome mati yang bisa diikuti:
  • Matikan modem atau router dan tunggu selama 10 menit, kemudian aktifkan kembali
  • Jika lampu los berwarna merah menyala, maka artinya ada sambungan kabel yang terlepas. Silahkan cek kembali sambungan pada kabel fiber optic
  • Silahkan bertanya ke sesama pengguna Indihome lain untuk memastikan apakah sedang terjadi gangguan secara masal atau tidak. Jika sedang mengalami ganguan, maka yang bisa dilakukan hanyalah sabar menunggu sampai perbaikan selesai
  • Lampu internet yang mati juga perlu dilakukan pengaturan ulang oleh sistem. Silahkan hubungi Customer Service (CS) indihome atau langsung datang ke Plaza Telkom terdekat
  • Jika lampu internet Indihome menyala namun koneksi internet lambat, mak silahkan coba cek berapa jumlah pernagkat yang terhubung ke jaringan Wifi. Semakin banyak yang terhubung, maka kecepatan koneksi internet akan semakin berkurang
  • Apabila jangkauan sinyal Wifi kurang besar, maka bisa mengatasinya dengan menambahkan repeater pada lokasi yang diinginkan. Selain itu, lokasi tempat router juga sangat berpengaruh, Maka dari itu, usahakan taruh router di tempat yang luas dan tidak terhalang oleh tembok
  • Jika sudah mengikuti beberapa cara yang telah dijelaskan namun masih gagal, maka anda bisa langsung menghubungi pihak CS Indhiome untuk mengtasi permalahan ini

Informasi Penting Tambahan

Jika terjadi masalah seperti ini, namun anda tidak paham cara mengatasinya maka disaranakan untuk tidak mengotak-atiknya sendiri karena bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. 
Anda perlu tetap berhati-hati dan jika perlu langsung saja hubungi Customer Service atau petugas teknis yang memasang Wifi di lokasi anda.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara mengatasi lampu internet Indihome mati dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.