Kenapa M Banking BCA Error 205 Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasinya

Baru-baru ini banyak pengguna yang mengalami permasalahan M Banking BCA Error 205 yang menyebabkan tidak bisa dibuka
Baru-baru ini banyak pengguna yang mengalami permasalahan M Banking BCA Error 205 yang menyebabkan tidak bisa dibuka. Simak informasi lengkapnya berikut untuk tahu penyebab dan cara mengatasinya.

m banking bca error 205

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat dunia perbankan ikut berpartisipasi dengan membuat aplikasi-aplikasi bank digital guna memudahkan penggunanya melakukan transaksi keuangan.

Salah satu aplikasi bank digital yang sudah digunakan oleh banyak orang saat ini adalah aplikasi M BCA. Dengan adanya aplikasi ini berbagai macam transaksi dapat dilakukan dimana saja dengan mudah seperti transfer, bayar tagihan, dan lain sebagainya.

Namun belum lama ini banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi M Banking BCA mengalami error yang mengakibatkan penggunanya tidak bisa melakukan transaksi.

Salah satu permasalahan yang sedang banyak dialami adalah BCA 205 sementara transaksi tidak dapat diproses silahkan ulangi beberapa saat lagi dan error 205 – Unable to Authenticate your Identity.

Nah bagi anda yang mungkin mengalami permasalahan serupa, maka silahkan simak informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi M Banking Error 205 pada berikut ini.

Kenapa M Banking BCA Error 205?

Sebuah permasalahan yang ada pada aplikasi tentu saja tidak terjadi begitu saja, pasti ada beberapa hal yang memungkinkan permasalahan tersebut terjadi dan dirasakan oleh banyak pengguna.

205 - Unable to Authenticate your Identity

Apabila aplikasi M Banking BCA yang digunakan memeiliki notifikasi permasalahan seperti ini, maka artinya sistem Mobile Banking BCA tidak mengenali nomor Hp yang digunakan.

Seperti yang diketahui bahwa aplikasi M Banking BCA terhubung dengan perangkat dan nomor Hp pengguna yang telah digunakan untuk mendaftar.

Dengan demikian, pada saat SIM Card nomor Hp yang terdaftar tidak terpasang ataupun terdeteksi oleh perangkat yang digunakan maka sistem akan memunculkan pesan error berupa kode 205 BCA Mobile.

205 – Sementara transaksi tidak dapat diproses, silahkan ulangi beberapa saat lagi

Bagi anda yang mungkin membuka aplikasi M Banking BCA namun muncul pesan “205 – Sementara transaksi tidak dapat diproses, silahkan ulangi beberapa saat lagi” artinya BCA Mobile sedang dilakukan maintance atau proses pemeliharaan sistem.

Sehingga para pengguna tidak bisa membuka aplikasi dan melakukan transaksi sementara waktu sampai proses maintance telah selesai.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga permasalahan BCA Mobile Error 205 disebabkan oleh hal lain seperti koneksi internet tidak stabil, aplikasi belum diperbarui, pesan di root, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi M Banking BCA Error 205

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, maka kita bisa dengan lebih mudah mencari solusi atas permasalahan ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi M Banking BCA Error 205:

Pindah Posisi SIM Card

Seperti yang telah dijelaskan bahwa permasalahan ini kemungkinan besar terjadi karena sistem tidak mengenai nomr Hp yang digunakan. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya adalah dengan memindahkan posisi SIM Card pada smartphone.

Sebagai contohnya adalah jika sebelumnya memasukkan SIM Card ke slot SIM 1, maka coba pindahkan posisi SIM Card tersebut ke slot SIM 2. Setelah itu, cobalah untuk membuka aplikasi M Banking BCA kembali.

Verifikasi Ulang M Banking BCA

Jika anda sudah mengganti posisi SIM Card namun masih mengalami error 205 - Unable to Authenticate your Identity, maka bisa mengatsinya dengan cara verifikasi ulang M Banking BCA. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:
  • Pertama buka aplikasi M Banking BCA
  • Kemudian pilih tombol “I” di pojok kanan atas
  • Pilih menu “Verifikasi Ulang”
  • Kemudian klik Simpan untuk menyimpan pesan
  • Masukkan 16 digit nomor kartu debit BCA milik anda
  • Tunggu proses verifikasi sampai selesai dan pastikan memiliki pulsa serta sinyal internet yang stabil
  • Masukkan kode akses atau PIN M BCA anda
  • Setelah berhasil, coba kembali masuk ke halaman utama

Memperbarui Aplikasi M Banking BCA

Menggunakan aplikasi Mobile banking BCA versi lama tentu saja akan sering mengalami permasalahan seperti ini, karena fitur-fitur yang tersedia belum disempurnakan.

Dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, maka artinya semua fitur-fitur yang disediakan sudah terbaru dan biasanya telah dilakukan perbaikan bug atau error pada versi sebelumnya.

Pastikan Ponsel Tidak Root

Perlu diketahui bahwa ponsel yang telah di root akan membahayakan keamanan dari aplikasi Mobile Banking BCA. Sehingga secara otomatis sistem akan mendeteksinya dan tidak mengizinkannya. Oleh karena itu, pastikan ponsel yang digunakan belum di root.

Menunggu Perbaikan Sistem

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa permasalahan ini bisa terjadi karena sistem sedang melakukan proses pemeliharaan. Sehingga pengguna hanya bisa bersabar menunggu sampai proses perbaikan sistem selesai.

Hubungi Pihak BCA

Setelah mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan namun masih tidak bisa, maka coba hubungi pihak BCA untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Silahkan menghubungi contact center HaloBCA di 1500888. Twitter @halobca atau www.bca.co.id, A Halo BCA 0811 1500 998.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penyebab kenapa M Banking BCA Error 205 beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.