Kenapa Instagram Checkpoint Required? Berikut Arti dan Cara Mengatasi

Kenapa Instagram Checkpoint Required? Merupakan salah satu pertanyaan yang sedang banyak ditanyakan oleh warganet yang mengalami Instagram error
Kenapa Instagram Checkpoint Required? Merupakan salah satu pertanyaan yang sedang banyak ditanyakan oleh warganet yang mengalami Instagram error atau tidak bisa dibuka.

kenapa instagram checkpoint required

Instagram merupakan salah satu sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Banyak tokoh-tokoh populer yang menggunakan Instagram.

Instagram menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk membagikan aktivitas kita sehari-hari kepada pengikut dalam bentuk postingan gambar ataupun video.

Salah satu alasan yang membuat banyak orang betah untuk menggunakan Instagram, yaitu dapat digunakan dengan mudah dan fitur yang disediakan lengkap.

Namun aktivitas bersosial media Instagram kerapkali terganggu dengan munculnya eror yang secara tiba-tiba. Salah satu eror yang terjadi Instagram adalah error IG Checkpoint Required.

Sehingga tidak heran jika banyak warganet yang bertanya-tanya kenapa Instagram Checkpoint Required? Untuk mengetahui artinya dan cara mengatasinya, silahkan simak informasi lengkapnya pada berikut.

Apa Itu Instagram Checkpoint Required?

Instagram Checkpoint Required artinya sebuah peringatan error yang terjadi apabila terdapat aktivitas mencurigakan di akun Instagram anda.

Permasalahan error seperti ini dapat mengakibatkan anda gagal atau tidak bisa login ke akun Instagram.

Belakangan ini banyak warganet yang kebingungan padahal tidak melakukan aktivitas mencurigakan, namun mengalami masalah Instagram Checkpoint Required.

Kenapa Instagram Checkpoint Required?

Meskipun belum dapat dipastikan kenapa IG Checkpoint Required, namun berikut ini adalah beberapa hal yang memungkinkan terjadinya masalah eror di Instagram.

Melakukan Aktivitas Mencurigakan

Sampai saat ini belum ada alasan pasti mengapa IG Checkpoint Required, akan tetapi biasanya hal ini terjadi akibat terdeteksi aktivitas mencurigakan seperti  menggunakan VPN atau mencoba login dengan perangkat lain.

Terdapat BUG di Instagram

Apabila anda merasa tidak melakukan aktivitas yang mencurigakan namun tetap mengalami Instagaram Checkpoint Required, maka bisa jadi aplikasi Instagram memiliki BUG yang mengakibatkan pengguna tidak bisa login.

Server Instagram Down

Server Instagram yang sedang down juga bisa mehyebabkan anda mengalami permasalahan seperti Checkpoint Required Instagram. Apabila hal ini terjadi, maka anda hanya bisa menunggu sampai server Instagram pulih.

Cara Mengatasi Instagram Checkpoint Required

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengatasi Instagram Checkpoint Required.

Memperbarui Aplikasi

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbarui aplikasi Instagram melalui penyedia aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store. Pemabrauan aplikasi dilakukan untuk memperbaiki bug yang terdapat pada aplikasi Instagram versi sebelumnya.

Hapus Cache Instagram

Kemudian cara yang bisa dicoba adalah dengan menghapus cache aplikasi Instagaram melalui pengatauran Hp anda, cara ini telah terbukti berhasil oleh beberapa pengguna.

Hapus Data dan Uninstal Instagram

Jika sudah menghapus cache namun masih terjadi eror, maka anda bisa mencoba untuk menghapus data dan mencopt pemasangan aplikasi Instagram. Kemudian instal kembali aplikasi Insagram dan coba login ke akun anda.

Nonaktifkan Sementara Akun Instagram

Selain dari cara yang telah dijelaskan tadi, anda juga bisa mencoba untuk menonaktifkan akun Instagram sementara. Berikut ini adalah cara nonaktifkan akun Instagram sementara:
  • Langkah pertama, login ke akun Instagram melalui PC/Laptop
  • Kemudian masuk menu Edit Profil
  • Selanjutnya pilih Nonaktifkan Sementara Akun Saya
  • Pilih opsi mengapa anda menonaktifkan akun dan masukkan kata sandi akun Instagram anda
  • Setelah itu, klik tombol Nonaktifkan Akun Sementara

Tunggu dan Coba Terus Secara Berkala

Terkadang error yang terjadi disebabkan karena ada budg di aplikasi Instagram. Oleh sebab itu, yang bisa anda lakukan hanyalah menunggu dan mencoba login secara berkala.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penjelasan kenapa Instagram Checkpoint Required dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.




Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku