Apakah Pemilik Wifi Tahu Apa Yang Kita Buka? Berikut Ulasan Lengkapnya

Sebagai pengguna Wifi tentu akan bertanya-tanya apakah pemilik Wifi tahu apa yang kita buka? Jika iya, tentu akan sangat merugikan penggunanya
Sebagai pengguna Wifi tentu akan bertanya-tanya apakah pemilik Wifi tahu apa yang kita buka? Jika iya, tentu akan sangat merugikan penggunanya karena tidak ada privasi.

apakah pemilik wifi tahu apa yang kita buka

Seperti yang iketahui Wifi merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan PC/Laptop, smart TV, tablet, dan smartphone ke jaringan internet.

Untuk bisa terhubung dengan Wifi tentu kita harus berada dalam jangkauan sinyal Wifi serta mengetahui password Wifi tersebut.

Salah satu alasan yang menyebabkan banyak orang lebih memilih untuk menggunakan Wifi adalah memiliki kekuatan sinyal internet yang lebih stabil dan harganya lebih murah.

Meskipun demikian, menggunakan jaringan internet umum seperti Wifi juga akan memiliki resiko yaitu kurang terjaganya privasi. Sehingga banyak pengguna yang khawatir pemilik atau pengelola layanan Wifi bisa mengintip riwayat penelusuran para penggunanya.

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang penasaran apakah pemilik Wifi tahu apa yang kita buka? Maka bisa mengetahui jawabannya pada berikut ini.

Apakah Pemilik Wifi Tahu Apa Yang Kita Buka?

Level Pemilik Biasa

Perlu diketahui bahwa level paling bawah seperti pemilik Wifi sebenarnya tidak bisa melihat history dari para penggunanya. Hal ini dikarenakan terdapat keterbatasan kemampuan pada menu atau settingan router. 

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan pemilik wifi bisa melihat riwayat para penggunanya asalkan harus rela menyiapkan beragam peralatan tambahan yang dibutuhkan seperti custome firmware, proxy server, dan lain sebagainya.

Namun kabar baiknya adalah pemilik Wifi pada umumnya tidak akan memperhatikan hal demikian. Karena membutuhkan biaya tambahan dan akan menjadi sangat ribet.

Level ISP (Internet Service Provider)

Sementara itu, untuk level ISP seperti Indihome, Biznet, My Republic, dan pengelola layanan lainnya tentu akan dengan sangat mudah bisa mengetahui apa saja yang dibuka oleh para penggunanya.

Namun pengguna tidak perlu khawatir, karena pada umumnya situs modern saat ini sudah menggunakan protokol SSL yang akan memastikan keamanan jaringan komputer.

Dengan adanya protokol tersebut, maka pemilik ataupun ISP tidak bisa melihat apa saja yang dibuka oleh penggunanya secara spesifik. Melainkan hanya bisa melihat riwayat penelusurannya saja.

Mereka tidak akan bisa mengetahui data pribadi penting yang telah kita masukkan di internet seperti akun, password, komentar yang telah ditulis, dan bahkan laman yang paling sering dibuka.

Pada umumnya situs yang menggunakan protokol SSL memilik awalan url dengan HTTPS. Sementara itu, jika pengguna menemukan situs yang berawalan HTTP maka perlu berhati-hati karena tidak aman.

Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Tahu History Penggunanya

Bagi anda yang mungkin ingin privasi tetap terjaga meskipun menggunakan sinyal Wifi, maka bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network).

Aplikasi VPN secara sederhana akan berguna untuk menyembunyikan jalur komunikasi data dalam jaringan public dengan cara membuat jalur rahasia. Dengan demikian, riwayat penelusuran dan informasi pribadi akan lebih aman.

Namun disaranakan untuk menggunakan aplikasi VPN yang sudah terpercaya, kareana ada beberapa layanan yang hanya memanfaatkan keuntungan dari jalur komunikasi data.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar jawaban dari pertanyaan apakah pemilik Wifi bisa tahu apa yang kita buka beserta cara untuk mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.