Kenapa Akun Prakerja di Blacklist? Berikut Solusinya

Belakangan ini banyak orang yang mencari informasi kenapa akun Prakerja di blaklist? Hal ini menunjukan bahwa tidak sedikit orang yang juga kena
Belakangan ini banyak orang yang mencari informasi kenapa akun Prakerja di blaklist? Hal ini menunjukan bahwa tidak sedikit orang yang juga kena permasalahan tersebut.

kenapa akun prakerja di blacklist

Prakerja merupakan program khusus dari pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan belum mendapatkan pekerjaan.

Bagi penerima kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan bantuan dalam bentuk uang yang nantinya dapat digunakan untuk membeli pelatihan kerja ataupun yang lainnya.

Namun baru-baru ini banyak penerima kartu Prakerja yang mendapatkan notifikasi bahwa akun miliknya telah di blacklist oleh pemerintah. 

Tentu permasalahan ini membuat pengguna yang terkena menjadi bertanya-tanya kenapa akun prakerja di blacklist? Oleh karena itu, simak informasi lengkap pada berikut untuk mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Akun Prakerja di Blacklist

Perlu diketahui bahwa Prakerja telah memberlakukan sistem blacklist kepada penerima yang dirasa kurang layak mendapatkan bantuan atau tidak mengikuti sistem yang telah diberikan.

Blacklist berarti pemerintah telah menghapus akun anda dari daftar penerima kartu Prakerja. Sehingga nantinya tidak akan mendapatkan bantuan atau manfaat dari kartu Prakerja.

Oleh karena itu, seluruh pemilik akun Prakerja perlu lebih berhati-hati agar tidak di blacklist oleh Kemnaker.

Kenapa Akun Prakerja di Blacklist?

Tidak mungkin pemerinta menghapus akun penerima Prakerja dengan begitu saja, pasti ada beberapa hal yang telah menjadi pertimbangan. Berikut ini adalah penyebab akun Prakerja di blacklist:

Masuk Kriteria Blacklist

Hal yang perlu diingat adalah hanya masyarakat yang kurang mampu atau belum mendapatkan kartu pekerjaan saja yang bisa mendapatkan bantuan. Apabila terdapat orang yang tidak masuk ke kategori penerima, namun mendapatkan bantuan tentu akan di blacklist.
Berikut ini adalah beberapa kategori orang yang tidak bisa memperoleh program Prakerja:
  • Pejabat daerah atau pejabat negara
  • TNI/POLRI/ASN
  • Komisaris, Direksi BUMN/BUMD, Dewan Pengawas
  • Kepala Desa/Kepala Kelurahan dan Perangkat Desa/Perangkat kelurahan

Tidak Beli Pelatihan Kerja Dalam Waktu 30 Hari

Seperti yang diketahui bantuan Prakerja digunakan untuk membeli pelatihan Prakerja dengan tujuan agar penerima mempunyai kemampuan sebelum terjun ke dunia kerja.

Pemerintah sendiri telah memberikan pertauran kepada penerima Prakerja yang tidak segera membeli pelatihan kerja dalam kurun waktu 30 hari, maka akan di blacklist.

Maka dari itu, jangan sampai lupa membeli pelatihan Prakerja. Hal ini dikarenakan sangat beresiko, akun anda bisa saja akan langsung di blacklist.

Cara Mengembalikan Akun Prakerja Yang di Blacklist

Bagi anda yang mungkin mengalami akun Prakerja di blacklist, maka sebetulnya masih ada solusi untuk mengatasi atau mengembalikannya yaitu dengan cara menghubungi CS (Customer Care) Prakerja.

Untuk menghubungi pihak Prakerja bisa langsung melalui nomor telepon di 08001503001. Selain itu, anda juga bisa menghubunginya melalui website pengaduan Disini.

Anda bisa langsung menejelasakan permasalahan yang dialami melalui pihak Customer Care Prakerja. Namun pastikan menghubunginya pada jam 08.00 – 20.00 untuk bisa langsung mendapatkan balasan.

Setelah menghubungi, maka hanya perlu menunggu balasan dari pihak Prakerja. Kemudian untuk pemulihan akun biasanya dilakukan melalui telepon antara penerima dan CS Prakerja.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar pertanyaan kenapa akun Prakerja di blacklist beserta solusi untuk mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.



Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku