Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM Mandiri Tanpa Kartu

Bagi anda yang mungkin mengalami masalah lupa nomor kartu ATM, simak informasi cara mengetahui nomor kartu ATM Mandiri secara mudah pada berikut
Bagi anda yang mungkin mengalami masalah lupa nomor kartu ATM, simak informasi cara mengetahui nomor kartu ATM Mandiri secara mudah pada berikut.

cara mengetahui nomor kartu atm mandiri tanpa kartu

Dalam kehidupan sehari-hari, kartu ATM Mandiri telah menjadi alat yang sangat penting bagi banyak orang. Kartu ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti menarik uang tunai, mentransfer dana, atau bahkan membayar tagihan dengan mudah.

Kehilangan kartu ATM dapat menjadi pengalaman yang mengkhawatirkan, terutama jika kita perlu menggunakan layanan perbankan segera. Namun, jangan khawatir! Ada cara untuk mengetahui nomor kartu ATM Mandiri tanpa harus memiliki fisik kartu tersebut.

Dalam artikel ini, studimsam akan memberikan informasi mengenai cara mengetahui nomor kartu ATM Mandiri tanpa kartu secara aman dan legal.

Apakah Bisa Mengetahui Nomor Kartu ATM Mandiri Tanpa Kartu?

Perlu diketahui bahwa nomor kartu ATM Mandiri berbeda dengan nomor rekening Bank Mandiri. Hal ini yang membuat pengguna merasa kesulitan jika lupa nomor kartu ATM.

Pada dasarnya nomor kartu bisa dilihat pada bagian belakang kartu ATM Bank Mandiri milik anda. Namun apa yang terjadi jika kartu ATM hilang ataupun tidak bisa ditemukan? tentu saja ini akan menimbulkan masalah baru.

Apabila kartu ATM Mandiri tidak ada, anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor kartu ATM tanpa harus memiliki kartu dalam bentuk fisik.

Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM Mandiri Tanpa Kartu

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor kartu ATM Mandiri tanpa harus memiliki kartu fisiknya. Silahkan pilih salah satu cara yang menurut anda paling mudah.

Cara Cek Nomor Kartu ATM lewat Aplikasi Livin by Mandiri

Anda bisa mengetahui nomor kartu ATM Mandiri dengan sangat mudah menggunakan aplikasi Livin by Mandiri. Adapun panduannya adalah sebagai berikut ini:
  • Langkah pertama, buka aplikasi Livin by Mandiri
  • Kemudian masuk menggunakan username dan password akun anda
  • Buka menu Pengaturan/Settings
  • Pilih menu Kartu Debit dan Kartu Kredit
  • Setelah itu, akan tampil informasi lengkap beserta nomor kartu ATM Mandiri

Cara Cek Nomor Kartu ATM Lewat Email

Jika anda belum mempunyai akun Livin by Mandiri, maka bisa mengetahui nomor kartu ATM dengan cara menghubungi call center melalui email. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:
  • Langkah pertama, tulis email ke mandiricare@bankmandiri.co.id
  • Kemudian ketikkan keinginan anda untuk mengetahui nomor kartu ATM Mandiri
  • Jangan lupa untuk memasukkan data pribadi seperti nomor rekening, nama pemilik, NIK, nomor Hp terdaftar, alamat email terdaftar, dan nama ibu kandung
  • Selanjutnya kirim pesan email tersebut
  • Setelah itu, hanya perlu menunggu balasan dari pihak Bank Mandiri

Cara Cek Nomor Kartu ATM Mandiri Lewat SMS

Cara cek nomor kartu ATM Mandiri lewat SMS hampir sama melalui email. Hanya saja untuk cara ini akan dikenai biaya berupa pulsa untuk mengirimkan pesan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Tulis pesan ke call center Mandiri dengan format nomor rekening, nama pemilik, NIK, nomor Hp terdaftar, alamat email terdaftar, dan nama ibu kandung
  • Masukkan juga tujuan anda mengirimkan pesan tersebut yaitu ingin mengetahui nomor kartu ATM Mandiri
  • Kirimkan pesan tersebut, lalu tunggu balasan sekitar 1x24 jam

Cara Cek Nomor Kartu ATM Mandiri Lewat WhatsApp

Perlu diketahui bahwa Mandiri memiliki chat bot WHatsApp bernama MITA (Mandiri Intelligent Assistant) yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi dan bertanya. Pengguna bisa memanfaatkanya untuk mengecek saldo, nomor kartu ATM Mandiri dan lainnya.

Berikut ini adalah panduan untuk cek nomor kartu ATM Mandiri lewat MITA WhatsApp:
  • Langkah pertama, simpan nomor 0811 84 14000 ke kontak WhatsApp anda
  • Kemudian buka menu chat MITA
  • Selanjutnya tanyakan informasi mengenai cek nomor kartu ATM
  • Setelah itu, tunggu jawaban dari cah bot MITA

Apa Perbedaan Nomor Rekening dan Nomor Kartu ATM Mandiri?

Nomor rekening merupakan kode unik yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya dengan tujuan untuk mengidentifikasi rekening bank nasabah. Pada dasarnya nomor rekening dapat digunakan secara khusus hanya untuk transfer uang.

Sementara itu, nomor kartu ATM adalah kode unik yang tercetak pada kartu fisik ATM Mandiri. Nomor kartu ATM bisa digunakan untuk mengakses rekening lewat ATM, berbelanja secara online, transaksi debit, dan lainnya. Selain itu, kerahasiaan nomor kartu ATM sangat penting untuk dijaga.

Apakah Nomor Kartu  ATM Mandiri Bisa Dilihat di Buku Tabungan?

Buku tabungan hanya berisi informasi nama, nomor rekening, nominal tabungan, dan informasi lainnya. Dengan demikian, tidak bisa melihat nomor kartu ATM pada buku tabungan.

Bagaimana Jika Kartu ATM Mandiri Hilang?

Tidak jarang pengguna yang mengalami masalah kehilangan kartu ATM karena suatu hal seperti jatuh, lupa menaruh, diambil orang, dan lainnya. Hal yang perlu dilakukan ketika kartu ATM hilang adalah melakukan pembekuan kartu ATM untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Membekukan kartu ATM juga masih belum cukup, pengguna perlu melakukan beberapa tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya sebagai berikut:
  • Menghubungi call center Bank Mandiri
  • Mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat
  • Menyerahkan dokumen yang diperlukan
  • Mengisi formulir terkait kehilangan kartu
  • Mencetak kartu ATM baru

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara mengetahui nomor kartu ATM mandiri tanpa kartu bentuk fisik. Cara ini cocok sekali untuk anda yang mengalami masalah kartu rusak atau kehilangan kartu ATM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih banyak sudah berkunjung.