Jalan-Jalan ke Semarang? Berikut 5 Kegiatan yang Wajib Dilakukan

Kegiatan yang wajib dilakukan di Semarang - Semarang yang terkenal dengan makanan khas lumpia, ternyata memiliki banyak destinasi yang menarik
Kegiatan yang wajib dilakukan di Semarang - Semarang yang terkenal dengan makanan khas lumpia, ternyata memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Sehingga, tidak heran jika Semarang menjadi destinasi wisata favorit banyak orang.

kegiatan yang wajib dilakukan di semarang

Terdapat banyak pilihan destinasi yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata budaya. Selain itu, bisa juga mencoba menikmati kuliner-kuliner yang ada di Semarang seperti lumpia, tahu gimbal, soto, atau steak Semarang.

Kebetulan studimsam akan membagikan informasi serangkaian rekomendasi kegiatan yang wajib dilakukan di Semarang. Dengan demikian, pengalaman jalan-jalan di kota Semarang menjadi semakin seru dan tidak terlupakan.

1. Keliling Kota Lama

Kota Lama Semarang merupakan sebuah area yang terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah. Perlu diketahui bahwa area ini dahulunya menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. 

Salah satu daya tarik destinasi Kota Lama Semarang adalah gedung-gedung tua yang bergaya Eropa masih dipertahankan hingga saat ini melalui proses konservasi dan revitalisasi.

Kota Lama Semarang dibuka untuk umum secara gratis tanpa ada biaya tiket masuk. Sehingga, pengunjung bisa berkelililng area ini sampai puas mulai dari pagi hingga malam hari. 

Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di Kota Lama Semarang adalah berswafoto di depan gedung-gedung tua bergaya Eropa yang Instagrammable, bersantai di taman Sigunti yang berada di tengah area, atau minum kopi di salah satu kafé di area ini.

2. Mengunjungi Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu destinasi wisata ikonik di Semarang yang sudah sangat terkenal. Nama “Lawang Sewu” sendiri berarti “Seribu Pintu” berasal dari bahasa Jawa yang merujuk pada jumlah pintu dan jendela yang sangat banyak dalam bangunan ini.

Pada awal abad 20, pemerintah Hindia Belanda membangun Lawang Sewu sebagai kantor pusat perusahaan kereta api. Bangunan ini menjadi saksi bisu berbagai peristiwa sejarah, termasuk masa penjajahan Belanda dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di dalam Lawang Sewu, pengunjung bisa menyaksikan keindahan arsitektur bangunan tersebut yang mencerminkan gaya arsitektur kolonial Belanda yang klasik. Terdapat juga tur yang dipandu untuk menjelajahi berbagai ruangan dan mendengarkan cerita-cerita menarik tentang sejarah dan keunikan bangunan ini.

3. Menikmati Keindahan Brown Canyon

Brown Canyon merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Semarang. Destinasi wisata ini terletak di Kawasan Candi, Semarang Barat yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30-40 menit perjalanan dari pusat Kota Semarang.

Pengunjung akan disambut oleh keindahan tebing-tebing tinggi yang terbuat dari bebatuan berwarna coklat kemerahan. Akan tetapi, tebing-tebing tersebut tidak terbentuk secara alami melainkan bekas pertambangan.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Brown Canyon dengan berbagai aktivitas, seperti berjalan-jalan mengelilingi tepi tebing, menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, atau bahkan melakukan kegiatan fotografi untuk menangkap keindahan alam yang unik ini.

4. Simpang Lima

Sesuai dengan namanya, “Simpang Lima" merujuk pada bentuk perempatan lima jalan utama yang bertemu di pusat kota Semarang. Kawasan ini merupakan pusat kegiatan sosial, bisnis, dan rekreasi yang ramai dikunjungi oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Simpang Lima Semarang, mulai dari taman rekreasi, kulineran, pusat perbelanjaan, serta pertunjukan seni dan hiburan. Tidak hanya itu, Simpang Lima juga dikelilingi oleh beberapa monumen dan landmark yang bersejarah, seperti Monumen Mandala Bhakti dan Patung Pemuda.

5. Memanjakan Lidah dengan Makan Steak di Holycow

holycow steak semarang

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang terkenal di Semarang. Holycow hadir sebagai solusi bagi pengunjung yang ingin menikmati steak enak dengan harga yang terjangkau.

Saat ini Holycow telah memiliki beberapa cabang yang sudah tersebar di berbagai kota-kota besar, termasuk Semarang. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat Kota Semarang, sehingga Holycow bisa menjadi pilihan yang tempat untuk berkulineran bareng teman, keluarga, ataupun pasangan

Selain menggunakan bahan daging yang berkualitas, Holycow juga telah mendapatkan sertifikasi Halal dan CHSE (cleanliness, healthy, safety, and environmental sustainability). Sehingga, dapat dikatakan keamanan dan higienitas hidangan yang disajikan sudah terjamin.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu di Holycow semarang yang perlu dicoba:

1. Wagyu Tenderloin MB 4-5 200GR

Wagyu merupakan daging sapi yang terkenal dengan kelembutannya serta berlemak tinggi. Skala MB (Marble Score) berkisar dari 1 hingga 12, di mana nilai 4-5 menunjukkan bahwa daging tersebut memiliki tingkat marbling yang cukup tinggi, sehingga memberikan rasa dan tekstur yang lembut serta beraroma kaya.

2. Fillet Mignon

Fillet Mignon adalah potongan daging sapi di bagian punggung atas sapi yang sangat istimewa dan dianggap sebagai salah satu yang paling lembut di antara potongan daging sapi lainnya. Fillet Mignon biasanya memiliki sedikit marbling, tetapi tekstur ototnya yang halus membuat potongan daging ini menjadi lembut.

3. Holycow! Sirloin Steak 200GR

Holycow! Sirloin Steak 200GR adalah potongan daging sapi dari bagian sirloin. Bagian ini terkenal dengan rasanya yang juicy dan teksturnya yang sedikit lebih kenyal dibandingkan tenderloin.

Holycow tidak hanya menawarkan menu makanan steak yang lezat saja, tetapi juga menyediakan pelayanan dan fasilitas restoran yang nyaman. Sehingga, membuat setiap kunjungan menjadi momen yang mengesankan dan tidak terlupakan.

Jika tertarik untuk mencoba steak Semarang, maka bisa langsung datang ke Holycow yang berada di Jl. Sultan Agung No.142, Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232.