Aplikasi BOP Paud 2022, Download dan Cara Menggunakan

Aplikasi BOP Paud 2022 saat ini menjadi sebuah aplikasi yang wajib dipahami oleh para tenaga pendidik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Aplikasi BOP Paud 2022 saat ini menjadi sebuah aplikasi yang wajib dipahami oleh para tenaga pendidik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

aplikasi bop paud 2022

Pada zaman serba digital seperti saat ini hampir semua hal dapat dilakukan secara online. Lembaga-lembaga pemerintah juga telah menghadirkan situs atau aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan, salah satunya adalh aplikasi BOP Paud 2022.

Aplikasi ini dibuat khusus dengan kegunannya yang sangat penting untuk sekolah di jenjang PAUD atau keseteraannya. Hal inilah yang mengakibatkan setiap tenaga kerja pendidikan pada jenjang PAUD harus tahu aplikasi BOP Paud 2022 dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu Aplikasi BOP Paud 2022?

Aplikasi BOP Paud 2022 merupakan sebuah aplikasi hasil pembaruan dari BOP SIMDAK 2022 yang memiliki fungsi untuk mengolah data, pengurusan SK Nominantif, laporan bantuan operasional, lembar kerja, dan hal-hal administrative lainnya.

Hadirnya aplikasi BOP Paud tentunya akan memudahkan para pengurus PAUD untuk memasukan rencana anggaran dan realisasi anggaran. Dengan demikian, proses ini dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa perlu datang ke kantor.

Download Aplikasi BOP Paud 2022

Perlu diketahui bahwa aplikasi BOP Paud masih berbasis website, sehingga anda tidak perlu mengunduhnya untuk bisa menggunakannya.

Anda hanya perlu mengakses situs websitenya untuk bisa menggunakannya untuk menginput data yang diperlukan.

Berikut ini adalah link situs aplikasi BOP Paud 2022 yang bisa langsung diakses:

https://bop.kemdikbud.go.id/ 

Anda dapat mengakses situs tersebut menggunakan perangkat komputer ataupun Smartphone. Yang terpenting adalah memiliki akses internet untuk bisa membuka situsnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Aplikasi BOP Paud 2022

Sebenarnya aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan, namun bagi anda yang belum prnah pastinya akan merasa sedikit kebingungan. Berikut ini adalah panduan menggunakan aplikasi Aplikasi BOP Paud 2022 versi terbaru:
  • Langkah pertama, buka browser dan kunjungi situs https://bop.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian klik tombol Login BOP yng terletak di pojok kanan atas
  • Masukkan username dan password akun BOP anda
  • Setelah berhasil login, terdapat beberpa menu yangh bisa dipilih yaitu menu Data Perencanaan dan menu Data Laporan
  • Menu Data Perncanaan berisi data rencan anggaran biaya BOP PAUD yang telah dibuat sesuai dengan JUKINS BOP PAUD tahun 2022
  • Untuk masuk ke menu Data Perencanaan, silahkan pilih Data Perencanaan dan pilih Rencana Penggunaan
  • Sementara itu, menu Data Laporan berisi laporan realisasi dan rencana anggaran yang sebelumnya telah dibuat
  • Anda dapat mengubah rincian penggunaan dengan cara klik menu Data Laporan dan pilih Rincian Penggunaan Data

Baca juga: Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2022 Yang Baik dan Benar

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar aplikasi BOP Paud 2022. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.