Kenapa Kode Verifikasi Telegram Tidak Muncul di SMS? Berikut Cara Mengatasinya

Belum lama ini sepertinya banyak orang yang kebingungan kenapa kode verifikasi Telegram tidak muncul di SMS?
Belum lama ini sepertinya banyak orang yang kebingungan kenapa kode verifikasi Telegram tidak muncul di SMS? Ternyata hal tersebut disebabkan oleh beberapa masalah dan terdapat beberapa cara untuk mengatasinya yang perlu diketahui.

kode verifikasi telegram tidak muncul

Seperti yang diketahui bahwa Telegram merupakan aplikasi sosial media yang dapat digunakan untuk bertukar pesan, telepon, dan bahkan berbagi file dengan mudah.

Layaknya aplikasi sosial media lainnya, untuk bisa masuk ke dalam akun Telegram diperlukan kode verifikasi OTP yang berguna sebagai penagaman akun anda.

Bagi yang belum tahu, OTP merupakan kumpulan angka yang dikirim melalui SMS dengan tujuan untuk verifikasi kepemilikian akun tersebut. Jadi pengguna perlu memasukkan kode OTP yang telah diterima melalui SMS untuk bisa masuk ke dalam akun yang diinginkan.

Namun apa yang terjadi jika kode verifkasi Telegram tidak masuk? Pastinya hal ini membuat kita tidak bisa login ke dalam akun.

Oleh karena itu, kali ini studimsam akan memberikan informasi lengkap kenapa kode verifikasi Telegram tidak muncul di SMS beserta cara mengatasinya pada berikut ini.

Kenapa Kode Verifikasi Telegram Tidak Muncul di SMS?

Kita perlu tahu apa saja hal yang dapat menyebabkan permasalahan ini terjadi agar mengetahui solusi untuk mengatasinya dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa penyebab kode Telegram tidak masuk:

Nomor Hp Tidak Aktif

Salah satu penyebab utama kode verifikasi Telegram tidak muncul adalah nomor Hp yang digunakan sudah tidak aktif. Apabila nomor Hp sudah melewati masa tenggang, maka semua SMS yang dikirim tidak dapat diterima dengan baik.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa nomor Hp yang digunakan masih aktif. Dengan demikian kode verifikasi OTP dapat diterima hanya dalam beberapa detik saja.

Salah Memasukkan Nomor Hp

Memasukkan nomor Hp yang salah juga bisa menyebabkan permasalahan ini terjadi. Karena kode verifikasi OTP akan dikirimkan sesuai dengan nomor Hp yang dimasukkan.

Maka dari itu, memastikan terlebih dahulu setiap angka yang dimasukkan telah sesuai dengan nomor Hp anda.

Aplikasi Tidak Diperbarui

Menggunakan aplikasi Telegram versi lama memungkinkan terjadinya bug atau error yang belum diselesaikan. Oleh karena itu, sebaiknya update aplikasi Telegram ke versi terbarunya melalui Google Play Store atau App Store.

Server Gangguan

Jika sudah melakukan cara yang telah dijelaskan tadi, namun kode Telegram masih tidak muncul. Kemungkinan besar server Telegram sedang down atau mengalami gangguan. Apbila hal ini benar terjadi, maka kita hanya bisa menunggu proses perbaikan slesai dari pihak Telegram.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi Telegram Tidak Masuk ke SMS

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kita bisa mencari solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kode verifikasi Telegram tidak muncul atau masuk:

Pastikan Jaringan Internet Stabil

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan bahwa sinyal ineternet yang digunakan stabil. Sinyal yang error dapat memungkinkan kode verifikasi OTP terkirim dalam waktu yang lama atau bahkan sama sekali tidak muncul.

Oleh karena itu, anda bisa mengatasinya dengan berpindah ke tempat yang memiliki sinyal internet lebih kuat dan stabil. Selain ituu, cobalah untuk mematikan dan menghidupkan mode pesawat.

Nomor Hp Masih Aktif

Pastikan bahwa nomor Hp yang digunakan masih aktif dan belum melewati masa tenggang. Sebagai percobaan, mintalah teman ataupun orang lain untuk mengirimkan SMS. Pastikan bahwa pesan yang dikrim tersebut dapat diterima dengan baik.

Pastikan Nomor Hp Bisa Menerima SMS Masuk

Tidak jarang juga permasalahan ini terjadi karena nomor Hp yang memang tidak bisa menerima SMS masuk karena suatu hal seperti memori yang terlalu penuh. Silahkan coba untuk mengirimkan pesan ke nomor HP anda untuk memastikan pesan bisa diterima dengan baik.

Memperbarui Aplikasi Telegram

Seperti yang telah dijelaskan bahwa menggunakan aplikasi Telegram versi lama dapat mengakibatkan hal ini terjadi. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda telag menggunakan aplikasi Telegram versi terbarunya.

Aktifkan Semua Perizinan Untuk Aplikasi Telegram

Bisa jadi kode verifikasi Telegram tidak kunjung masuk karena terdapat perizinan yang masih belum diaktifkan. Berikut ini adalah cara mengatfkan semua perizinan aplikasi Telegram:
  • Masuk ke menu Settings di ponsel
  • Kemudian pilih menu Kelola Aplikasi dan pilih Perizinan
  • Selanjutnya buka aplikasi Telegram
  • Pilih untuk mengaktifkan semua perizinan
  • Setelah itu, cobalah untuk meminta kirim kode verifikasi Telegram

Menghubungi CS (Customer Service)

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghubungi Customer Service Telegram mengenai permasalahan yang sedang dialami. Kemudian, CS akan memberikan balasan mengenai lanngkah apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap mengenai penyebab kenapa kode verifikasi Telegram tidak muncul di SMS beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.